BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan zaman yang sangat pesat tentu diikuti oleh meningkatnya
kebutuhan hidup
manusia diantaaranya kebutuhan akan
tranportasi untuk mencapai daerah lain degan cepat baik itu tranpostasi
darat,laut. ,dan udara. Transportasi
laut memegang peranan penting di dindonesia, karena Indonesia merupakan Negara
kepulauan, teknologi perkapalan perlu dikuasai baik dalam bidang pembuatan kapal baru maupun
dalam bidang perbaikan kapal. Dengan semakin maju dan semakin canggihnya
pembuatan maka pekerjaan harus semakin efektif dan semakin efisien.
Dalam bidang teknologi perkapalan perbaikan kualitas salah satunya dengan
memperhatikan sifat mekanis dan sifat fisik,
selain bahan yang berkualitas maka
proses produksi juga menentukan
kualitas dan ketelitian sehingga
dapat menjadikan produk yang bagus dan mampu memenuhi
kebutuhan masyarakat serta sesuai
dengan standart yang telah ditentukan.Untuk itu
proses produksi terus di kembangkan demi tercapainya kualitas dan ketepatan proses
produksnya.
Selain pembuatan badan kapal juga diperlukan system yang lain,
diantaranya adalah instalasi pemipaan. Fungsi dari pemipaan antara lain untuk
instalasi pendinginan, saluran air tawar, saluran bahan bakar, dan pelumasan
tersebut sangat berpengaruh dalam system kerja kapal. Kualitas bahan dan cara
pembentukan serta penyambungan turut menetukan kualitas juga umur dari
pengoprasian instalasi pipa tersebut dalam kinerja kapal, baik sebagai fungsi
primer dan fungsi sekunder nya, dilatar belakangi hal tersebut penulis akan
mengambil tema permasalahan tentang intalasi pipa kapal dalam Penulisan Ilmiah
ini.
1.2 Pokok Permasalahan
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka dalam pembuatan laporan Penulisan Ilmiah ini,
dapat ditarik beberapa pokok permasalahan
yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada proses perbaikan
kapal. Penulis akan membahas pada penulisan ini adalah proses fabrikasi pipa
atau pembentukan pipa, proses pengelasan pipa, hingga proses finishing dalam
instalasi pipa kapal.
1.3 Pembatasan Masalah
Dalam Penulisan Ilmiah ini penulis membatasi
permasalahan agar lebih terfokus dalam
penyusunan laporan. Pembatasan masalah adalah sebagai berikut :
1. Pengamatan dilakukan di PT.
Dok & Perkapalan
Kodja Bahari (PERSERO).
2. Proses fabrikasi pipa kapal dan pemilihan jenis pipa.
3. Jenis-Jenis dan teknik pengelasan yang digunakan.
4. Pengamatan dilakukan pada 12 Januari 2015 s/d 30
Januari 2015
1.4
Tujuan
Penulisan
Tujuan
Penulisan Ilmiah berdasarkan
materi dan
ruang lingkup dari masing-masing bagian yang diamatai pada saat kerja praktek
berlangsung adalah :
1. Mengetahui jenis bahan pipa yang dipakai.
2. Mengetahui jenis-Jenis dan teknik pengelasan yang
digunakan.
3. Mengetahui permasalahan yang sering timbul dalam
pengelasan dan instalasi pipa kapal dan cara mencegah dan mengatasinya.
1.5
Metode
Penulisan
Dalam
Penulisan Ilmiah ini metode penulisannya
dilakukan dengan melakukan pengujian (penelitian) dan dilanjutkan dengan
penganalisaan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Adapun metode penelitian
digunakan pada laporan kerja praktek ini
yaitu :
1.
Metode Library Research and Exploration document / Studi Pustaka
Merupakan metode
pengumpulan data dan informasi yang diperoleh dengan pembaca dan mempelajari
buku, literatur dan modul hasil penelitian yang berhubungan dengan permasalahan
yang akan dibahas dalam laporan akhir ini.
2.
Metode field research / Studi Lapangan
Penulis melakukan
praktikum dan tinjauan langsung guna memperoleh data yang dibutuhkan sebagai
bahan untuk penulisan laporan akhir praktikum.
3. Metode Interview
Metode
ini dilakukan untuk memperoleh data dan informasi dengan cara mengajukan
pertanyaan secara langsung kepada pembimbing ataupun kepada operator
dilapangan.
1.6
Sistematika
Penulisan
Untuk mempermudah pembahasan dan
pemahaman, penyusun membagi penulisan menjadi 4 (empat) bab dan diperjelas
dengan sub-sub. Adapun sistematika penulisan laporan akhir ini adalah sebagai
berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Dalam
bab ini penulis menjelaskan hal-hal melatar belakangi pelaksanaan kerja praktek ini selain itu ada sub bab
lain juga yang dibahas dalam bab ini diantaranya masalah dan pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode-metode
serta sistematika penulisan laporan dan juga menguraikan tentang gambaran umum perusahaan.
BAB
II PEMBAHASAN
MATERI
Bab
ini berisi Pembahasan teori dan materi beserta penjelasan dan analisa dari data
yang di peroleh dari setiap masing-masing
bidang yang telah dikunjungi dan diambil datanya selama kerja praktek
berlangsung.
BAB III PROSES
KERJA
Pada
bab ini akan dibahas mengenai proses kerja tentang
pembentukan atau fabrication dan instalasi pipa kapal dari mulai proses
machining , pengelasan , hingga finishing yang terdapat pada perusahaan.
BAB
IV PENUTUP
Penulis
menyertakan bab ini untuk mengemukakan kesimpulan dari hasil analisa yang
dilakukan terhadap data yang diperoleh pada saat kerja praktek serta memberikan saran-saran yang
kiranya dapat berguna bagi pembaca
maupun perusahaan yang bersangkutan.
1.7
Gambaran Umum Tentang Perusahaan
1.7.1 Sejarah
Singkat Perusahaan
PT.
Dok & Perkapalan
Kodja Bahari (PERSERO) merupakan BUMN di bawah Departemen Pendayagunaan BUMN
yang tebentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 59 tahun 1990 tanggal 13
Desember 1990 dan Peraturan Pemerintah No.
13 tanggal 16 Maret 1992 dilaksanakan
penggabungan 3 Galangan Kapal Nasional (BUMN) yaitu :
1.
PT. Dok & Perkapalan
Tanjung Priok (Persero)
2. PT.
Pelita Bahari (Persero)
3.
PT. Kodja (Persero)
Ketiga
perusahaan tersebut bergerak dalam bidang usaha yang sama yaitu Pembangunan
Kapal Baru, Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal, Engineering sehingga memudahkan
dalam proses penggabungan dan berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh
Pemerintah RI untuk menjadi galangan yang besar dan mampu bersaing dalam pasar
global.
Sesuai
peraturan Pemerintah No. 13 tahun 1992 PT. Dok & Galangan Kapal Nusantara
(Persero) bergabung ke PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero), dengan
akte notaris Ny. Sulami Mustafa SH. Lokasi perusahaan di Jl. Sindang Laut No.
101, Cilincing Jakarta Utara 14110.Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk
membangun suatu industri galangan kapal lengkap dengan fasilitas penunjang yang
mampu membangun kapal baru dan mereparasi kapal sampai dengan ukuran 150.000
ton. Pembangunan industri kapal yang besar itu adalah untuk memenuhi kebutuhan
negara akan kapal-kapal sebagai suatu negara maritime.
1.7.2 Visi Dan Misi Perusahaan
Adapun visi dan misi dari PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari
(PERSERO), yaitu antara lain adalah
sebagai berikut :
1. Visi Perusahaan
Visi perusahaan
adalah menjadi perusahaan industry perkapalan yang unggul di pasar domestic dan
mampu bersaing di pasar global dan Menjadi Perusahaan
perkapalan dan sarana lepas pantai yang terkemuka di pasar domestik dan
bersaing di pasar regional.
2. Misi Perusahaan
Misi Perusahaan
adalah mengembangkan perusahaan industry perkapalan yang kompetitif dan
memberikan manfaat kepada stake holder.
1.7.3 Struktur Organisasi Perusahaan

Gambar 1.1 Organization
Chart PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari
(PERSERO) Keseluruhan
Dan berikut ini adalah
struktur organisasi bagian produksi :

Gambar 1.2 Organization
Chart PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari
(PERSERO) Bidang
Produksi
Job Description Bagian Produksi :
1.
Membuat
perancanaan system produksi dan membuat daftar gambar kerja dikaitkan
dengan ketersediaan fasilitas produksi
2.
Membuat kajian dan
verifikasi atas keluaran gambaran kerja (konstruksi atau hull) dan proses
pelaksanaannya digalangan atau cabang
3.
Melakukan kajian
atas system produksi untuk meningkatkan produktivitas produksi
4.
Memimpin,
mengelola, mengkoordinasikan dan mengarahkan serta bertanggung jawab terhadap
unit kerja yang berada dibawahnya
5.
Menerapkan system
management mutu ISO 9001: 2000 dan mempertanggung jawabkannya dengan
memelihara bukti objektif pelaksanaan system serta membuat sasaran atau
target yang akan dicapai sesuai dengan bidang tugasnya
6.
Membuat laporan
secara periodik dan melaksanakan tugas-tugas lain yang ditetapkan oleh kepala
sub divisi pengembangan teknologi, fasilitas produksi dan galangan.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Widharto, Sri., 2001, Buku pedoman ahli
Pemasangan Pipa, Pradnya Pramita, jakarta
[2] Schey, Jhon A., 2000, Proses Manufactur
Introduction to Manufacturing Processes, Andi, Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar